Perbedaan Harga Bahan Bangunan Online 2014

Sponsored Links

Perbedaan Harga Bahan Bangunan Online 2014

Harga bahan bangunan dari tahun ke-tahun mengalami peningkatan yang sangat tinggi, dalam pembangunan sebuah rumah jangan pernah berfikir kalau semudah yang di bayangkan. Banyak sekali material bangunan yang harus di persiapkan, anda bisa membayangkan bahwa kalau kita membuat satu kotak persegi empat saja setidaknya membutuhkan hingga 400 bata merah. Kalau satu bata merah itu memiliki harga Rp.500 maka ketemu Rp.200.000, setelah itu anda harus mempersiapkan semen, pasir dan biaya tukang. Itu adalah gambaran paling mudah ketika anda ingin membeli material bangunan. Harga bahan bangunan antara satu toko dengan yang lain menurut saya sama saja, hanya perbedaan tidak begitu banyak.

Yang membuat toko bangunan itu mendapatkan konsumen yang banyak, karena mereka sudah terkenal, pelayanan bagus, dan semua barang-barang bangunan semuanya lengkap dari harga yang paling murah, dari material yang asli maupun yang tiruan. Dengan banyaknya pilihan konsumen akan lebih mudah memilih baik harga maupun barang. Contoh saja ketika anda ingin membeli atap rumah atau genteng kurang lebih terdapat lima macam pilihan, genteng tanah liat, genteng keramik, genteng aspal, genteng kaca, genteng metal yang berbahan logam. Diantara atap tersebut masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan.

Biaya-pemasangan-kusen

Contoh genteng tanah liat plentong bunder dan papak, genteng ini adalah genteng yang memiliki usia produksi yang sangat lama, genteng ini adalah pendahulu dari genteng-genteng yang memiliki bebagai macam model di Indonesia. Genteng papak atau bunder memiliki desain yang sangat sederhana, tidak banyak perbedaan antara keduanya, kalau genteng papak modelnya lurus kotak tidak adanya lengkungan, sedangkan untuk genteng bunder pengait antar satu dengan yang lain dengan model melengkung. Harganya pun cukup ekonomis namun memiliki kualitas yang masih bertahan sampai saat ini adalah keawetan tahan lama serta lebih ringan di bandingkan dengan genteng-genteng generasi penerusnya. Dengan memiliki bobot yang ringan membuat rumah akan semakin awet dan tidak terlalu terbebani dengan atap genteng. Untuk genteng kaolin nglayur ini adalah genteng yang di gunakan oleh mereka yang berada pada kelas menengah.

Harga Bahan Bangunan Kusen Rumah

Harga bahan bangunan kusen rumah juga memiliki harga yang cukup mahal, karena kita tahu bahwa kusen bagian dari pemanis dan memiliki fungsi penghubung tembok dengan jendela dan pintu. Kalau kusen rumah atau bangunan lainnya tidak memiliki kualitas yang baik maka akan mudah kropos dan cepat rusak, yang sering di cari dan di pilih adalah kusen dengan bahan dari kayu jati. Namun untuk rumah maupun bangunan kantor yang ingin tampil modern mereka menggunakan kusen yang terbuat dari aluminium. Dari kusen kayu dan aluminium ini juga memiliki perbedaan kualitas. Harga bahan bangunan kusen ini bila di liat pautan cukup banyak akan tetapi anda jangan melihat berapa harganya tapi lihat kualitas yang terdapat di dalamnya. Karena pasti harga akan menyesuaikan dengan kualitas bahan bangunan.

Kusen dengan bahan kayu jati akan memberikan kesan rumah anda terlihat klasik, atau lebih familiar di mata orang Indonesia, karena di Indonesia lahan kayu jati yang cukup luas, belum lagi kalau kusen dengan bahan kayu mranti Kalimantan atau kayu ulin yang biasa di gunakan untuk bantalan kereta api ini di percaya dan bukti yang jelas kayu-kayu ini sangat awet dari ancaman rayap dan lainnya. Demikian juga dengan kayu merbau yang banyak kita jumpai pada hutan-hutan tropis, dengan serat dan garis putus-putus maka tidak perlu banyak-banyak membuang cat, hanya cukup mengoleskan plitur maka akan terlihat khas kayu papua ini. Sedangakan untuk penggunaan dari aluminium sangat cocok untuk rumah maupun perkantoran yang selalu ingin tampil modern dan trendi. Dengan menggunakan bahan aluminium kusen tidak akan dimakan rayap, melengkung maupun menyusut karena cuaca ekstrim. Kusen aluminium ini juga lebih ringan di bandingkan dengan kusen kayu yang cukup merepotkan ketika anda harus di bawa ke lokasi yang cukup jauh.

Bila anda ingin perubahan pada kusen aluminium maka pilihannya sangat terbatas, sebab kusen ini terbuat dari pabrik yang di produksi secara masal. Pemasangan yang menggunakan paku pliser akan berakibat fatal kalau pemasangan tidak hati-hati dan professional, sebab hanya menggunakan kekuatan paku yang menancap pada tembok. Demikian juga sambungan antar kaca dengan aluminium kalau terdapat celah maka air akan masuk kemudian air bisa masuk kedalam bagian dalam kusen yang mengakibatkan tembok menyimpan air hujan.

Harga Bahan Bangunan Kusen Kayu

Untuk harga bahan bangunan kusen kayu untuk tiap satu paket biasa di patok minimal satu juta, namun harga bisa mengalami perubahan sesuai dengan pemesanan dan desain yang di minta, kalau minta lebih rumit maka harga juga lebih mahal di bandingkan yang lain. Sebab kayu bisa di desain dengan ukiran yang sangat menarik seperti kita lihat pada ukiran kusen kayu jati jepara, bali, Jogjakarta ukiran mereka memiliki keunikan dan khas sendiri. Pastikan budget anda ketika menyusun rencana pembelian bahan bangunan, dan tentu setiap waktu harga bahan bangunan mengalami perubahan oleh karena itu anda jangan kaget apabila tahun depan lebih mahal dari sekarang. Untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan bangunan sebaiknya anda melakukan pembelian sedikit demi sedikit, yaitu pada bahan-bahan yang tidak mudah rusak, seperti anda mulai membeli batu merah, pasir, besi. Kalau untuk pembelian semen saya kira jangan dulu karena bisa mengalami perubahan bahan, apalagi ketika semen itu terkena air atau mengalami kelembaban bisa keras seperti batu.