Perbedaan Sewa Apartemen Jakarta Dan Negara Maju

Sponsored Links

Perbedaan Sewa Apartemen Jakarta Dan Negara Maju

Sewa apartemen yang di tawarkan oleh beberapa pihak tentu harganya sangat bervariasi, setidaknya kalau apartemen tersebut memiliki fasilitas lengkap maka nilai sewa apartemen akan semakin mahal. Nilai sewa yang di tawarkan di lihat dari berapa tahun, bulan dan minggu seseorang menempati apartemen tersebut. Saya kira dengan menempati apartemen selama beberapa tahun harganya cukup rasional, yang mahal ketika dia hanya menempati apartemen cuman beberapa minggu saja, mereka akan memberikan harga yang lebih mahal. Kenapa begitu ya ? sebab pemilik apartemen harus mengeluarkan biaya tambahan untuk kebersihan apartemen tersebut setelah di tinggalkan, dan harus mencari penyewa baru untuk menempatinya.

Untuk mereka yang lebih memilih sewa apartemen sebenarnya hanyalah budaya dan gaya hidup masing-masing. Budaya hidup modern tercermin pada penduduk apartemen yang mengutamakan sikap tenggang rasa, mereka memiliki banyak tetangga baik di samping kanan kiri depan belakang bahkan atas dan bawah apartemen mereka adalah tetangganya, sehingga mereka tidak bisa seenaknya sendiri mengadakan suatu acara, mengundang keluarga yang mengakibatkan merusak suasana apartemen, selain itu karena ruangan apartemen terbatas. Demikian juga tidak bisa menanam pohon yang mengganggu lingkungan, paling tidak mereka hanya bisa memelihara bunga dan bonsai di ruangan apartemen. Mereka yang lebih memilih apartemen sebagai tempat tinggal tentu menginginkan lebih dari pada privacy mereka. Dengan menggunakan apartemen ruangan lebih luas ketimbang menginap di hotel yang hanya menyediakan satu kamar saja.

Oya kadang banyak orang yang menanyakan perbedaan antara apartemen dan kondominium dan hotel. Jadi apartemen itu adalah bangunan yang tersusun dalam satu tower atau lebih, sebagian pengembang memang membuat apartemen itu bisa di miliki dan di perjual belikan seperti halnya kondontel, namun secara umum apartemen hanya untuk di sewakan dengan jangka waktu yang lebih lama bulanan hingga tahunan. Fasilitas yang di sediakan oleh apartemen lebih luas dibandingkan dengan hotel, karena memang apartemen itu layaknya seperti rumah jadi memiliki beberapa kamar, biasanya minimal memiliki dua kamar tidur.

Perbedaan Sewa Apartemen Jakarta Dan Kota Di Negara Maju

Persaingan sewa apartemen Jakarta semakin meningkat baik dari segi harga maupun fasilitas yang di sediakan, lantaran di kota besar sangat padat penduduk serta mendirikan rumah di kota besar memerlukan biaya yang tidak sedikit bahkan harus mengeluarkan biaya hingga bermilyar-milyar. Di Negara maju seperti jepang lebih mengutamakan pasangan muda untuk sewa apartemen, bahkan pemerintah banyak memberikan keringanan kepada mereka baik itu pajak hingga subsidi bunga. Pasangan muda yang masih mobile menjadi alasan kuat bagi pemerintah memberikan beberapa keringan. Sedangkan mereka yang sudah tua tidak begitu di perhatikan dalam hal sewa apartemen. Sebab rata-rata kehidupan di usia tua sudah mapan dan mampu membangun rumah sendiri.

Sedangkan sewa apartemen di Indonesia lebih banyak di huni oleh mereka yang telah berada dalam kondisi ekonomi yang cukup mapan, sedangkan mereka yang mudah harus berada di pinggir-pinggir kota yang jauh dari tempat kerja mereka. Kalau di hitung-hitung sebenarnya bertempat di apartemen yang dekat dengan tempat kerja akan lebih efisien untuk pegawai berusia muda, mereka akan lebih produktif di banding dengan yang sudah tua. Untuk menyiasati keadaan ini maka pasangan muda lebih baik memilih rusun sebagai tempat tinggalnya, di Indonesia untuk rumah susun saat ini sedang dalam perhatian khusus apalagi di Jakarta, dimana gubernur Jakarta benar-benar menjadi perhatian khusus dan menjadi prioritas pembangunan jangka pendek. Jadi harga dan bunga akan mendapat banyak subsidi dari pemerintah DKI Jakarta.

Tips Sebelum Sewa Apartemen Di Jakarta

Sebelum anda melangkah untuk menentukan sewa apartemen Jakarta sebaiknya anda memperhatikan beberapa cara agar tidak terjadi kebingungan, khususnya bagi anda yang baru pertama kali menggunakan apartemen Jakarta.

  1. Perhatikan harga sewa apartemen terlebih dulu, para pakar keuangan telah memberikan saran agar harga sewa perbulan untuk apartemen sebaiknya tidak lebih dari 30% dari pendapatan kita tiap bulan. Bila memang di rasa masih mahal anda bisa mencari seseorang yang bisa berbagi sewa apartemen dan bisa membagi kamar bersamanya.
  2. Lokasi apartemen juga menjadi perhatian yang tidak boleh anda lupakan, pertimbangkan dengan tempat kerja anda, sekolah anak-anak anda, dan tentu jarak kemacetan yang sering terjadi di Jakarta dari apartemen dan tempat kerja hingga berapa menit.
  3. Setelah anda mempertimbangan dan telah menemukan apartemen yang cocok anda harus membaca secara seksama surat perjanjian sewa menyewa apartemen tersebut. Selanjutnya anda tinggal berfikir kira-kira apartemen nanti akan di isi aksesoris apa saja yang tidak melanggar isi surat perjanjian sewa apartemen.