Pertimbangan dalam Membuat Interior Rumah Minimalis

Sponsored Links

Pertimbangan dalam Membuat Interior Rumah Minimalis

Saat ini rumah bukan hanya sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia tetapi juga sebagai salah satu asset yang sangat berharga yang mencerminkan gaya hidup kita. Inilah alasan mengapa kita perlu mendesain rumah kita sebaik mungkin agar rumah kita nyaman dan indah. Saat ini desain rumah yang minimalis memang sedang populer dan corak desain ini tidak hanya berlaku bagi eksterior rumah tetapi juga interior rumah. Sebenarnya interior rumah minimalis cukup sederhana dan mudah untuk diterapkan, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.

Pada waktu kita akan mendesain interior rumah kita sebaiknya kita mengukur luasan ruangan kita terlebih dahulu. Ini sangat penting agar kita tahu desain minimalis seperti apa yang tepat untuk ruangan kita. Warna pada interior rumah minimalis juga mempengaruhi luasan ruangan. Ruangan yang kecil sebaiknya tidak disarankan untuk didominasi oleh terlalu banyak warna apalagi warna yang gelap seperti merah, coklat tua apalagi hitam. Sebaliknya dominasi warna yang sesuai untuk ruangan yang mungil adalah warna yang cerah seperti putih, kuning atau krem dan ini berlaku di seluruh ruangan kecil di dalam rumah.

Furniture Interior Rumah Minimalis

Setiap ruangan di dalam rumah tentunya memiliki furniture entah itu berbentuk kursi, meja, lemari dan sebagainya. Tentunya bagi kebanyakan orang adalah tidak selalu mudah untuk memilih furniture interior rumah minimalis yang sesuai dengan luasan ruangan, terlebih bagi ruangan yang mungil. Untuk kamar tidur sebaiknya memilih lemari yang berdesain minimalis, seperti yang didominasi oleh kaca, sehingga menimbulkan efek luas bagi kamar tidur. Ranjang juga sebaiknya dipilih yang memiliki rak entah di kolong atau di headboard-nya, sehingga kita bisa menghemat ruangan untuk menyimpan barang.

Hal paling penting dalam mendekorasi kamar ukuran kecil adalah tentang bagaimana agar setiap jengkal area yang ada bisa kita menfaatkan dengan maksimal. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk memilih furniture yang memiliki fungsi banyak atau multifungsi. Dengan begitu maka anda akan mendapat manfaat beberapa furniture dari 1 perabot saja. Tentunya hal tersebut akan sangat menghemat tempat. Anda tetap mendapat semua yang anda inginkan, namun tanpa mengorbankan spasi tempat yang ada, sehingga anda tetap bisa merasa leluasa saat berpindah dari satu titik ke titik lainnya.

Ruang Tamu Pada Interior Rumah Minimalis

Untuk ruang tamu sebaiknya hindari menggunakan lemari buffet tetapi menggantinya dengan wall cabinet sejenis buffet terbuka yang langsung ditempelkan ke dinding. Wall cabinet ini memiliki beberapa rak dimana kita bisa memajang hiasan ruang tamu. Sofa dan meja disarankan berkaki pendek dan berdesain kotak sehingga sesuai dengan tema interior rumah minimalis. Adapun warna gorden bisa menyesuaikan dengan warna wall cabinet atau warna sofa. Untuk lebih mempermanis ruang tamu anda bisa memasang beberapa pigura lukis atau foto di dinding tetapi pastikan pigura tersebut berbentuk kotak. Anda bisa juga menambahkan satu-dua buah lampu entah table lamp atau floor lamp atau kedua-duanya. Lampu tersebut sebaiknya memiliki kaki yang kurus supaya menimbulkan kesan minimalis.

Agar sesuai dengan tema interior rumah minimalis hendaknya ruang makan juga ditata secara minimalis. Kita bisa memilih meja dan kursi yang memiliki kaki ramping supaya ruangan tidak terasa penuh. Bila anda ingin memajang perkakas makan hias anda bisa memasang rak dinding dengan pintu kaca. Ini tentunya lebih hemat tempat ketimbang anda menempatkan lemari buffet hanya untuk memajang piring, teko dan perkakas hiasan lainnya.

Apabila ada sedikit ruang tersisa antara ruang tamu dan ruang makan maka anda bisa membuat ruang keluarga. Anda bisa menempelkan TV layar datar dan wall cabinet di dinding sebagai fokus di ruang keluarga anda. Anda tidak perlu lagi memasang kursi untuk menonton TV karena anda bisa memasang karpet untuk lesehan sekeluarga. Karpet yang dipilih bisa terbuat dari kain, wol, atau cukup dari anyaman rotan. Tetap saja apapun bahan yang anda pilih pastikan karpet juga memiliki pola minimalis sehingga cocok sebagai bagian dari hiasan interior rumah minimalis. Anda bisa menambahkan beberapa bantal bulat supaya lebih nyaman untuk lesehan.