Prediksi Desain Rumah Sederhana Tahun 2014

Sponsored Links

Prediksi Desain Rumah Sederhana Tahun 2014

Desain rumah sederhana, selalu menjadi salah satu topik yang hangat dibicarakan oleh para arsitek. Setiap tahun, pasti ada saja konsep dan desain rumah yang baru dan menjadi tren dikalangan masyarakat. Begitu juga ditahun 2014 yang telah kita sambut dalam beberapa hari ini, beberapa orang sudah mulai memperkirakan konsep dan desain rumah yang akan menjadi tren di tahun 2014 mendatang. Dan dilihat dari perjalanan tren dan perkembangan industri perumahan di negara kita ini, hampir bisa dipastikan bahwa desain rumah sederhana akan tetap menjadi primadona di tahun ini. Tentunya dengan beberapa perubahan dalam segi konsep interior dan eksterior.

Seperti kita ketahui bersama bahwa semakin lama, lahan hunian yang tersedia di Indonesia ini menjadi semakin terbatas. Hal ini berbanding terbalik dengan permintaan pasar akan tempat hunian yang selalu beranjak naik dalam beberapa decade belakangan. Oleh karena itu, dengan desainnya yang simple, memerlukan lahan yang tidak terlalu lebar, dan juga biayanya yang terbilang cukup ringan, maka dalam 10 tahun terakhir ini desain rumah sederhana semakin banyak diterapkan oleh para pelaku industri real estate di tanah air.

Macam-Macam Interior Desain Rumah Sederhana

Konsep dari rumah sederhana selalu identik dengan bentuk hunian yang sederhana serta menjulang tinggi alih-alih melebar, karena bertujuan untuk memanfaatkan lahan seminimal mungkin. Selain itu konsep rumah sederhana ini biasanya menggunakan warna yang monokrom. Namun semenjak tahun 2013 ini, konsep rumah sederhana telah berubah dengan dinamis. Desain rumah sederhana dan sentuhan interior yang digunakan juga sudah mulai beragam. Begitu juga dengan prediksi para arsitek untuk desain rumah sederhana yang akan menjadi tren di tahun 2014. Beberapa kemungkinan dan terobosan baru yang akan diciptakan mengenai konsep rumah sederhana antara lain:

Pertama, kombinasi warna yang lebih banyak ditonjolkan adalah kombinasi warna yang lembut, cerah dan juga natural yang akan memberikan nuansa alami pada keseluruhan ruangan. Kedua, desain rumah sederhana harus dirancang sedemikian rupa sehingga kesan yang akan ditampilkannya adalah nuansa lembut. Hal ini bisa anda lakukan dengan memadukan konsep minimalis dengan unsur vintage, seperti lukisan, rak buku, tempat lilin, atau aksesoris lainnya yang bernada klasik. Pemilihan interior yang senada juga akan memberikan nilai estetika tersendiri, yang tentunya menaikkan tingkat kenyamanan bagi siapa saja yang tinggal di dalamnya.

Selain itu, desain rumah sederhana di tahun 2014 ini sepertinya cenderung lebih natural dan menyatu dengan alam.  Penekanan yang dilakukan lebih dititik beratkan pada penyatuan konsep antara interior dan eksterior, yang bisa dikatakan lebih memberikan keleluasaan bagi penghuni untuk mendapat akses udara dari luar ke dalam, maupun sebaliknya. Misalnya dengan lebih memperbanyak jendela–jendela besar sehingga rumah terlihat lebih terbuka dan menyatu dengan alam. Keuntungan lainnya yang bisa anda dapatkan dengan memperbanyak akses ventilasi adalah mencegah tingginya tingkat kelembaban dalam ruangan yang tentunya akan menjaga perabot kayu anda lebih tahan lama.

Konsep Pertama Desain Rumah Sederhana

Konsep awal dari desain rumah sederhana memiliki tujuan untuk memberikan ruang gerak seluas mungkin dengan memanfaatkan ukuran rumah yang tidak begitu luas. Namun begitu, dengan area yang tidak terlalu luas, anda harus pintar-pintar mengatur segalanya, sehingga anda masih bisa memasukkan segala perabot yang anda butuhkan. Salah satu cara lain yang mungkin akan membantu mewujudkan tujuan itu adalah dengan menambahkan beberapa interior yang sudah didesain secara khusus seperti flying stairs, bed cabinet dan lain-lain.

Selain desain interior yang dirancang secara khusus, perluasan ruang di dalam rumah dapat dilakukan dengan mengurangi sekat  atau bahkan menciptakan  ruangan tanpa sekat. Semakin minim sekat yang dibangun maka rumah sederhana akan terasa semakin luas. Selain itu dengan sekat yang minim, kita juga akan dapat merasakan bahwa seluruh bagian rumah menyatu.

Nah, itulah beberapa pandangan tentang konsep desain rumah sederhana yang diperkirakan menjadi tren di tahun 2014 mendatang. Harapan kami, dengan informasi yang telah kami berikan ini akan menjadi referensi untuk anda dalam mendesain ulang atau merenovasi rumah idaman anda. Yang terpenting adalah buatlah rumah idaman anda senyaman mungkin sesuai dengan imaginasi, kepribadian dan selera anda karena desain rumah sederhana dapat mewakili kepribadian dari pemiliknya.