Sesuaikan Model Bak Cuci Piring Dengan Desain Dapur

Sponsored Links

Sesuaikan Model Bak Cuci Piring Dengan Desain Dapur

Bak cuci piring yang kita ketahui memiliki bentuk dan model yang berbeda di tambah dengan harga ikut memberikan penilaian tersendiri. Tempat cuci piring yang standar terbuat dari bahan stainless dan keramik, semakin besar ukuran bak cuci piring juga memiliki harga lebih mahal. Ukuran bak cuci piring yang tepat tentu di sesuaikan dengan kitchen set atau dudukan bak cuci yang menempelkan pada dinding dapur. Sebelum anda menenetukan pilihan bak cuci piring sebaiknya perhatikan beberapa langkah berikut ini :

Bak-cuci-piring
Bak cuci piring
  1. Harga bak bisa lebih mahal dari toko lain walaupun memiliki model dan tipe yang sama, oleh karena itu anda perlu melakukan survei terlebih dahulu dari toko satu dan toko yang lain. Melihat dan bertanya dari beberapa toko memang terlihat kurang tepat menurut orang jawa yang mempunyai prinsip gampang-gampangan. Tapi bagi yang menghargai uang walaupun satu rupiah itu tidak menjadi problem sebab pembeli adalah raja.
  2. Perhatikan jumlah orang didalam rumah anda, semakin banyak orang berarti banyak piring dan perkakas dapur yang perlu di bersihkan, itu artinya ukuran bak cuci piring harus lebih besar walaupun harga lebih mahal.
  3. Pilih bak yang lebih dalam, ini bertujuan ketika cuci piring kotoran maupun cipratan air tidak jatuh kelantai, yang akan membahayakan anda jika tidak langsung dibersihkan, seperti licin karena sabun dan minyak goreng.
  4. Ada beberapa bak yang mudah dipasang dan ada juga bak pemasangannya harus memiliki keahlian khusus. Tipe Drop-in adalah bak yang mudah dipasang dengan menempatkan bak pada lubang yang telah tersedia, yang perlu diperhatikan adalah lebar lobang bak dan bibir bak jangan memberikan space untuk menghindari kotoran masuk kedalam lobang dan biasanya sangat sulit untuk dibersihkan, cara membersihkan harus diangkat dan melepas selang, atau paralon yang menghubungkan keluarnya air ke tempat pembuangan air.
  5. Bak yang di pasang dari bawah meja di sebut dengan Under-mount adalah salah satu model bak yang sulit di pasang, bibir bak memang tersembunyi dari meja dapur. Yang perlu diperhatikan adalah penahan bak harus kuat untuk menahan beban air, piring. Gunakan besi stainless untuk menahan agar tidak mudah karatan.
  6. Bila ruangan dapur anda lebih luas anda bisa memilih tipe Double Bowl, tipe ini bisa sekaligus memberikan tempat untuk meletakan bahan masakan sambil membersihkan bahan masakan atau mencuci perlengkapan masak.
  7. Ada enam bahan bak cuci piring yang bisa anda pilih antara lain Stainless-steel,Porcelain enamel,Solid surface,Akrilik, Batu alam, komposit. Selanjutnya pilihan tergantung kebutuhan dan budget anda dan masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Contoh bahan stainless-seteel di percaya memiliki ketahanan yang sangat kuat dari karat ( tapi anda juga tetap harus tahu jenis stainless benar-benar kw 1 ) sedangkan bahan dari batu alam memang terlihat lebih alami namun memiliki beban yang cukup berat sehingga membutuhkan penahan yang kuat agar keramik yang menjadi tumpuan tidak mudah pecah. Solid surface memang akan membuat dapur anda terkesan mewah dan modern, akan tetapi bahan ini tidak tahan akan panas, dingin serta mudah retak dan tentu lebih mahal.

Yang terahir dan awet serta tahan akan segala macam cuaca dan suhu ekstrem anda bisa memilih membuat bak cuci piring sendiri dengan menggunakan bata, semen dan pasir, buat sendiri dengan tukang bangunan dan untuk mempercantik cukup membeli keramik warna mengkilap maka anda akan mendapatkan model bak cuci piring murah.