Software Desain Rumah Termudah Dan Terbaik

Sponsored Links

Software Desain Rumah Termudah Dan Terbaik

Software desain rumah muncul setelah adanya komputer, dimana komputer memiliki berbagai macam kegunaan dan manfaatnya bisa di rasakan hampir semua orang. Selain software desain rumah masih banyak lagi software-software yang bisa kita gunakan dan didapatkan secara gratis maupun berbayar. Software untuk desain rumah juga ada yang premium alias berbayar dan ada juga yang bisa kita gunakan secara gratis. Kalau zaman sebelum komputer mereka masih menggunakan penggaris dan ballpoint arsitek

Kalau dari google kita kenal dengan software yang di sebut google sketchup, tampilannya cukup sederhana, namun kalau kita bisa menggunakan dengan kreatif maka hasilknya akan luar biasa, walaupun gratis namun sudah banyak pakar dan arsitek yang telah menggunakan dan mendapatkan manfaat dari google sketchup. Pertama-tama kali menggunakan software desain rumah ini untuk membuat rumah sederhana adalah dengan menggunakan beberapa menu yang berada di toolbar :

  1. Menu Rectangle, setelah di klik anda bisa menyeret kebelakang, depan dan samping. Untuk menghentikan garis anda bisa mengklik pada gambar wanita yang sedang berdiri.
  2. Menu Measurements akan secara otomatis membuat dimensi pada gambar persegi anda. Sedangkan untuk membuat bentuk bundar klik menu circle dan tempatkan pada posisi yang anda kehendaki.
  3. Menu Push/Pull untuk membuat gambar tersebut menjadi tiga dimensi dan tarik gambar tersebut sesuai dengan ukuran rumah yang anda rancang, untuk rumah-rumah desa biasanya hanya memiliki ketinggian antara tiga hingga empat meter, berbeda dengan rumah-rumah di perkotaan.
  4. Menu Orbit untuk mereview gambar anda benar-benar 3D apa tidak, dan bisa cek bagian belakang putar ke kanan maupun ke kiri, secara otomatis akan menunjukan gambar 3D desain rumah. Tool Orbit silahkan putar kearah anda untuk membuat atap rumah, kemudian klik line untuk membuat garis atap biasanya dalam bentuk miring.
  5. Menu midpoint adalah untuk membuat garis tengah atap rumah dan bisa anda atur tarik keatas untuk membuat ketinggian berapa meter atap rumah tersebut, saat menarik garis ke kanan dan ke kiri nanti akan muncul tulisan On Blue Axis yang artinya posisi kemiringan dan posisi atap telah pas. Gunakan menu horizontal untuk membuat atap rumah menjorok keluar antara 50 cm hingga satu meter.
  6. Menu eraser untuk menghapus beberapa bagian garisan yang tidak simetris. Sedangkan menu Push/Pull untuk mendorong dinding agar pas dengan ukuran maupun dengan antar dinding yang lain.
  7. Bila anda ingin membuat pintu atau jendela gunakan menu Line atau Rectangle yang bisa anda atur dengan menggeser krusor dan secara otomatis akan terlihat berapa cm yang anda butuhkan pada menu Measurement.
  8. Untuk melihat gambar dari beberapa arah gunakan menu orbit. Agar gambar terlihat lebih sempurna gunakanlah menu-menu efek Offset yang bersebelahan dengan menu orbit.
  9. Cara menggunakannya dengan mengklik menu offset selanjutnya tarik sesuai ukuran yang di inginkan setelah itu lepaskan.
  10. Menu offset ini sangat lengkap, bisa membuat pembeda antara kusen, jendela, kaca dan warna bisa anda atur sesuai selera. Untuk memberikan efek menonjol sebelum tadi di klik tarik keluar, sedangkan untuk membuat gambar agak menjorok kedalam tinggal dorong sehingga tampak permbedaan antara kusen, jendela dan kaca.
  11. Menu Windows-Material adalah menu yang di sediakan untuk membuat warna material yang anda pilih, apakah coklat, merah, abu-abu dan sebagainya. Menu material Translucent adalah untuk membuat kaca terlihat transparan seperti aslinya kaca, sehingga ruangan bagian dalam akan terlihat dari bagian luar.
  12. Setelah anda yakin akan gambar tersebut silahkan cari menu File-Export-2D graphic untuk menyimpan gambar dalam bentuk jpeg.

Selain software Google SketchUp masih banyak software desain rumah yang sangat menarik yang bisa di coba dan pelajari satu persatu mana yang cocok selanjutnya gunakan salah satu software saja. Satu software dengan memiliki kreatifitas tinggi akan memberikan hasil yang luar biasa untuk anda.

ArchiCAD adalah software desain rumah terbaik menurut banyak user khususnya mahasiswa desain rumah. Cara menggunakan cukup mudah apalagi sekarang tutorial telah di buat dengan bentuk tulisan maupun video yang bisa di pelajari secara otodidak tanpa harus menunggu penjelasan dari para dosen.