Syarat Bangunan Rumah Sakit Typa A

Sponsored Links

Syarat Bangunan Rumah Sakit Typa A

Selain perlengkapan medik bangunan rumah sakit juga menjadi pendukung adanya pelayanan yang bermutu sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik. Dalam undang-undah no 44 tahun 2009 bangunan rumah sakit harus memiliki kriteria lokasi yang mudah di jangkau, nyaman, sehat, aman dan selamat. Dengan terwujudnya empat kriteria tersebut maka masyarakat akan mudah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, pasien merasa lebih aman karena dalam lokasi yang strategis sehingga terwujud pelayanan standard kesehatan.

Desain-bangunan-rumah-sakit
Desain bangunan rumah sakit

Secara umum rumah sakit terbagi menjadi dua kategori besar yaitu Rumah Sakit Umum dan Rumah Sakit Khusus. Bentuk dan pola bangunan rumah sakit bisa dalam bentuk horizontal maupun vertical, pembangunan horizontal memerlukan lokasi yang luas dan biasanya di bangun pada daerah yang harga tanah relative lebih murah, sedangkan pola vertical adalah bentuk rumah sakit yang bertingkat dan kebanyakan bangunan tersebut ada di lahan yang perkotaan dan mahal, inti dari bangunan rumah sakit adalah antara bangunan satu dengan yang lainnya saling berhubungan dan mudah di jangkau. Pada rumah sebuah rumah sakit setidaknya ada 12 bangunan yaitu :

  1. Instalasi Rawat Jalan
  2. Instalasi Gawat Darurat
  3. Instalasi Rawat Inap
  4. Instalasi Perawatan Intensif (Intensive Care Unit = ICU)
  5. Instalasi Kebidanan dan penyakit kandungan
  6. Instalasi Bedah
  7. Instalasi Farmasi
  8. Instalasi Radiodiagnostik
  9. Instalasi Radioterapi
  10. Instalasi Kedokteran Nuklir
  11. Instalasi Sterilisasi Pusat (CSSD/ Central Supply Sterilization Departement)
  12. Instalasi Sterilisasi Pusat
  13. Central Sterile Supply Department = CSSD
  14. Instalasi Laboratorium
  15. Instalasi Rehabilitasi Medik
  16. Instalasi Diagnostik Terpadu
  17. Bagian Administrasi dan Manajemen
  18. Instalasi Pemulasaran Jenazah dan Forensik
  19. Instalasi Gizi/Dapur
  20. Instalasi Cuci (Laundry
  21. Bengkel Mekanikal dan Elektrikal
Standar-bangunan-rumah-sakit
Standar bangunan rumah sakit

Selain itu rumah sakit juga harus memiliki lahan parkir yang cukup luas sehingga pengunjung maupun pasien yang datang tidak perlu khawatir akan keamanan pada kendaraan mereka, baik itu dari kriminal maupun alam seperti hujan maupun kepanasan.

Bangunan rawat jalan adalah bangunan yang di gunakan untuk melakukan pendiagnosaan penyakit, perawatan sesuai dengan bidang penyakit sehingga bangunan ini memerlukan beberapa ruangan seperti spesialis jantung, kebidanan, bedah dan lain-lain. Biasanya bangunan ini terdapat pada bagian depan satu sentral dengan ruangan instalasi laboratorium dan instalasi radiologi. Sedangkan ruang gawat darurat di bangun pada tempat yang mudah di akses contoh ketika kendaraan masuk bisa langsung terhubung dengan ruangan tersebut.

Taman-dalam-rumah-sakit
Taman dalam rumah sakit