Tips dan Trik Tata Ruang Dapur Minimalis

Sponsored Links

Tips dan Trik Tata Ruang Dapur Minimalis

Tidak ada yang salah dengan memiliki rumah mungil nan minimalis. Justru kini konsep rumah minimalis sangat digandrungi di kalangan masyarakat, terutama para pasangan muda dengan jumlah keluarga yang sedikit. Namun dengan sangat terbatasnya ketersediaan ruang pada rumah mungil nan minimalis, anda dituntut untul lebih smart dalam mengalokasikan setiap inci dari space rumah anda nantinya. Dan jika pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas tentang cara menata ruang kamar tidur minimalis serta juga pada kesempatan jauh sebelumnya sempat membahas tentang kamar mandi mungil, kini tiba saatnya kita membahas ruangan lain yang tak kalah penting kehadirannya di setiap rumah, yakni Dapur.MENATA-DAPUR-SEMPIT

Sebagai salah satu ruangan utama sebuah rumah, tidak ada salahnya apabila kita memberi porsi perhatian yang cukup besar untuk dapur. Faktanya, dapur juga memberikan kontribusi yang sangat besar untuk menciptakan image sebuah rumah. Seperti kita ketahui bahwa pada sebuah rumah minimalis, umumnya dapur lebih terkesan terbuka dan menyatu dengan ruangan makan, sehingga keberadaanya sangat mudah terlihat bahkan dari ruang keluarga. Dan tentunya indah atau tidaknya sebuah rumah juga ditentukan oleh suasana dapurnya. Namun begitu, anda tidak perlu kuatir sebab meskipun dengan space yang tidak terlalu luas, ada beberapa trik yang bias anda aplikasikan untuk mendapatkan image dapur yang indah dan fungsional.

Bermain dengan Warna Cerah

Disadari atau tidak, warna cerah dapat memberikan kesan spacious atau luas pada sebuah ruangan. Untuk itu, anda bisa mulai mempertimbangkan untuk mengecat tembok dapur anda dengan sesuatu yang tampak cerah dan playful. Jangan lupa juga untuk memilih perabot dapur yang berwarna cerah dan independen, seperti putih, krem, kuning, dan lain sebagainya. Juga pastikan anda memiliki ventilasi yang cukup serta membiarkan cahaya alami banyak memasuki ruangan dapur anda. Selain untuk memastikan pertukaran udara yang proporsional, hal ini juga memberikan atmosfer yang menyegarkan bagi anda yang banyak menghabiskan waktu di dapur.

Manfaatkan setiap Inci dengan Cermat dan Smart

Pada dapur kecil nan minimalis, setiap jengkal space sangatlah berharga dan anda harus menfaatkannya dengan cermat dan smart. Buatlah skema atau sketsa pola ruangan dapur yang ingin anda bangun. Ilustrasikan dimana anda akan menaruh washtafel, kitchen top, kobinet, pengapian, kulkas, dan lain sebagainya, sehingga anda dapat mendapat gambaran yang lebih jelas. Jangan lupa untuk memanfaatkan area corner atau pojokan secara efektif, seperti dengan memasang sink/washtafel di area tersebut atau bahkan mungkin tempat meletakkan kulkas. Untuk lebih menghemat lengkap, anda bisa pertimbangkan memilih perabot yang multiguna, seperti sink yang dilengkapi cabinet dibagian bawahknya, atau overhead cabinet yang dilengkapi dengan gantungan gelas, serta lain sebagainya.

Lebih Selektif Dalam Memilih Perabot atau Dekorasi

Dalam mendesain ruangan minimalis, anda harus memprioritaskan fungsi daripada keindahan. Sebagai contoh, anda dituntut untuk lebih selektif dalam memilih perabot dan dekorasi. Jika tidak memiliki fungsi yang diperlukan, atau mingkin bisa digantikan dengan sesuatu yang lebih berguna, maka perabot tersebut tidak boleh berada di ruangan dapur anda. Ini penting untuk menghindari membuang-buang space yang berharga untuk sesuatu yang tidak berguna atau kurang fungsional.

Pilih Perabot Berukuran Minimalis Namun Fungsional

Ukuran sangat berperan penting untuk menciptakan ruangan dapur minimalis yang nyaman. Hindari memilih perabot atau peralatan dapur yang terlalu besar. Anda mungkin saja bisa membeli oven ukuran besar atau mungkin kulkas ukuran commercial, namun itu sangat tidak disarankan karena hanya akan membuat dapur anda terasa sesak dan terlihat aneh. Selaraskan ukuran perabot dengan dimensi ruangan sehingga akan tercipta kolaborasi yang menyenangkan di dalam dapur minimalis anda nantinya.