Tips Desain Kamar Mandi Minimalis Modern

Sponsored Links

Tips Baru Desain Kamar Mandi Minimalis Modern

Desain kamar mandi minimalis modern dapat anda merancangnya sendiri. Jika anda adalah orang suka mendekorasi setiap ruangan dalam rumah anda dengan jalan berkreasi dalam rumah anda, maka jangan lewatkan pula kamar mandi anda. Selain kamar tidur, ruang tamu, keluarga dan dapur, kamar mandi juga merupakan hal yang penting untuk membangun rumah yang minimalis. Kamar mandi minimalis adalah kamar mandi yang lebih mengutamakan fungsi dari pada dekorasi, dengan menghindari pemakaian perabot yang banyak dalam kamar mandi. Banyak inspirasi kamar mandi yang dapat anda jadikan referansi.

Tips Desain Kamar Mandi Minimalis Modern

Agar kamar mandi yang anda desain sesuai dengan apa yang diharapkan, berikut tips dan saran yang bisa anda ikuti agar anda dapat membuat desain kamar mandi minimalis anda sendiri.

•    Letak kamar mandi. Dalam hal mengatur letak kamar mandi, ini berarti juga mengatur saluran air. Jika anda memakai pompa air, maka hindarilah membuat kamar mandi di dekat sumber air bersih anda. Alasannya adalah karena nantinya anda akan kesulitan dalam peletakan dan pengaturan tempat jamban atau septic tank, septic tank harus diletakkan sejauh mungkin dengan dengan sumber air bersih untuk mencegah kontaminasi. Desain kamar mandi dapat di luar maupun di dalam rumah, termasuk kamar mandi pribadi maupun untuk semua orang semua pilihannya adalah tergantung keinginan. Yang paling penting dalam pembuatan kamar mandi minimalis adalah fungsi dari kamar mandi itu sendiri untuk apa dan bagaimana anda dapat memenuhi semua kebutuhan yang ada.

•    Interior. Desain kamar mandi yang paling penting adalah penataan interior didalamnya. Ya, selain letak kamar mandi yang harus diperhatikan, perhatikanlah juga interior yang ada dalam kamar mandi. Banyak orang membuat kamar mandinya terlihat seperti kamar mandi ala hotel bintang lima, tetapi perabot yang digunakan tidak banyak, hal ini sungguh tidak efisien. Berbeda dengan kamar mandi minimalis yang lebih menekankan pada fungsi dari kamar mandi itu sendiri, konsep interior lainnya ada pula yang lebih menekankan pada keindahan semata. Jadi gunakanlah interior yang yang penting-penting saja, jangan terlalu banyak yang nantinya tidak akan dipakai. Seperti kita ketahui bahwa dalam mendesain interior rumah, kita harus selalu memperhatikan efisiensi, baik dalam penggunaan perabot dan biaya yang dikeluarkan.

•    Tipe kamar mandi. Selain jenis-jenis kamar mandi yang disebutkan diatas, ada 2 jenis kamar mandi untuk desain kamar mandi minimalis yaitu kamar mandi basah dan kamar mandi kering. Kamar mandi basah adalah kamar mandi yang hampir keseluruhan areanya basah atau aktifitas mandi dilakukan dikeseluruhan ruangan, sedangkan pada kamar mandi kering biasanya aktifitas mandi dilakukan di area tertentu saja, seperti menggunakan bathtub, sink/washtafel, dan shower booth, sehingga area sekelilingnya tetap kering. Umumnya untuk kamar mandi di Indonesia masih menggunakan kamar mandi basah, sedangkan untuk kamar mandi kering banyak digunakan dalam hotel-hotel bintang lima dan di luar negeri. Dan masing-masing tipe kamar mandi tersebut membutuhkan perawatan dan instalasi pipa pembuangan yang berbeda. Oleh karenanya, pemilihan tipe kamar mandi hendaknya ditentukan jauh-jauh hari sebelum anda mulai membangun rumah untuk mempersiapkan segalanya. Jika sudah memilih tipe kamar mandi, baru anda memikirkan perabot apa yang ingin anda masukkan.

Maksimalkan Desain Kamar Mandi Minimalis Modern

Idealnya untuk desain kamar mandi dalam rumah ukuran sedang hendaknya terdapat 2 kamar mandi. Yang pertama adalah sebagai kamar mandi pribadi untuk semua anggota keluarga dan satunya lagi adalah untuk tamu. Sedangkan untuk perabot yang hendak dimasukkan, anda bisa memasang shower di atas bathub untuk mendapat 2 fungsi dalam 1 tempat. Atau jika tempatnya memungkinkan, anda bisa meletakkan shower  dan bathtub secara terpisah. Saat ini ada banyak pilihan shower booth dengan berbagai ukiran dan desain, anda bisa mencoba melihat-lihat kemungkinan untuk menggunakan shower booth tersebut. Kemudian untuk storage, gunakanlah kaca kamar mandi yang ada lemari atau kabinet dibawahnya, sehingga anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat penyimpanan alat mandi dan barang-barang lainnya. Alat-alat mandi modern juga dapat dijadikan pilihan agar lebih efisien dalam penggunaaannya. Dengan begitu dapat tercipta desain kamar mandi yang minimalis.