Tips Desain Kamar Tidur Dengan Ruangan Terbatas Dan Cara Membersihkannya

Sponsored Links

Tips Desain Kamar Tidur Dengan Ruangan Terbatas Dan Cara Membersihkannya

Banyak cara untuk memanjakan keluarga antara lain dengan membuat desain kamar tidur yang nyaman sesuai dengan kesukaan mereka. Biasanya untuk desain anak-anak itu selalu berubah mengikuti perkembangan usia, kalau masih anak-anak desain tembok menggunakan wallpaper dengan gambar dari tokoh-tokoh kartun seperti naruto, ben 10, barby dan sebagainya. Tapi ketika menginjak usia remaja mereka akan minta gambar wallpaper dinding di rumah demikian juga ketika telah berusia dewasa. Belum lagi dengan penataan perlengkapan kamar tidur seperti lemari, tempat tidur hingga aksesoris selalu ingin berpindah-pindah tempat. Berbeda dengan desain kamar tidur milik orang tua, biasanya kalau konsep pertama sudah sreg maka desain tersebut akan terus di pertahankan paling tidak hanya peremajaan seperti melakukan cat ulang atau menambah lemari dan meja kamar yang kurang sesuai.

Kamar-tidur
Kamar tidur

Setelah kita mengetahui karakteristik masing-masing penghuni kamar, selanjutnya ikutilah beberapa tips umum yang digunakan para desainer untuk menciptakan kamar tersebut istimewa bagi pemiliknya. Yang harus di kategorikan adalah ukuran ruangan kamar, apakah ruangan tersebut luas atau terbatas. Kalau ruangan tersebut terbatas maka tidak boleh terlalu banyak memasukan furniture yang meyebabkan ruangan terasa sempit, gunakan cat dinding yang cerah paling tidak menggunakan warna umum yaitu putih, pilih lampu sesuai dengan kebutuhan kamar, kalau kamar tersebut juga befungsi sebagai ruang belajar seharusnya memiliki dua lampu yaitu lampu tidur dan lampu belajar. Dan pilihlah tempat tidur yang tidak terlalu besar, kalau memang di huni oleh beberapa anak ( tidak hanya satu orang ) maka gunakanlah tempat tidur tingkat. Gunakan jendela kaca atau glass block untuk membantu pencahayaan ketika siang sehingga bisa menghemat serta menggurangi penggunaan energi listrik.

Desain Kamar Tidur Utama Dengan Alokasi Ruangan Terbatas

Kamar tidur utama rata-rata memiliki ukuran yang lebih luas daripada kamar-kamar yang lain ( selama area rumah memungkinkan ), akan tetapi anda bisa lain ketika menemukan rumah dengan lokasi yang terbatas dan kamar tidur utama harus tetap ada misalkan pada rumah dengan ukuran 6 X 8. Ok dengan ruangan terbataspun para desain interior rumah tetap bisa membuat suasana berbeda, dengan cara menulis semua kebutuhan dalam ruangan kamar selanjutnya mereka mulai dari hal yang utama seperti menentukan gaya kamar seperti gaya neoklasik, modern minimalis, pop-retro atau eklektik. Untuk pemilihan warna dinding kamar masih satu paket dengan gaya-gaya kamar tersebut. Kalau kamar menggunakan AC sebaiknya gunakan karpet bludru agar ruangan tidak terlalu dingin. Sedangkan pemilihan furniture harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak boleh terlalu banyak atau besar, sebaiknya memaksimalkan furniture yang ada pada ruangan kamar yang terbatas.

Apapun bentuk dan model serta gaya desain kamar tidur ujung-ujungnya adalah kebersihan yang menentukan kenyamanan kamar tidur tesebut, jika dapat menjaga kebersihan kamar walaupun bentuk dan desain serta gayanya tergolong sederhana akan terasa nyaman. Sebelum anda membersihkan kamar tidur terlebih dahulu siapkan beberapa peralatan yang sering di gunakan antara lain, sapu dan pel, lap lembab, laci, dan boks plastik. Biasakan setiap hari untuk menyapu kamar tidur lebih-lebih kalau rumah tersebut berada di lingkungan kurang hijau dimana agin sering membawa kotoran dan debu masuk kedalam rumah. Kembalikan barang-barang pada tempatnya setelah di gunakan, jangan biarkan berserakan di atas meja atau tempat tidur, kalau memang ada beberapa barang yang asalnya bukan dari kamar tidur sebaiknya di kembalikan dan kumpulkan baju-baju kotor pada boks plastik serta segera di cuci, jangan biarkan menumpuk pakaian kotor karena tidak bagus untuk kesehatan kulit dan kamar.

Kalau memiliki tambahan dana sebaiknya memiliki beberapa sprei agar bisa di ganti setiap dua hari sekali sehingga suasana kamar selalu berbeda, kemudian jemur bantal dan kasur seminggu sekali, hal ini untuk menjaga kelenturan kasur serta membuang udara lembab dari dalam ruangan kamar. Apabila di daerah anda banyak nyamuk maka jangan menggunakan obat nyamuk bakar, sebab selain merusak warna ruangan juga berbahaya dan tidak baik untuk kesehatan. Gunakanlah obat nyamuk semprot atau lotion yang di oleskan pada kulit bisa juga menggunakan kelambu warna putih untuk menutupnya.