Tips Investasi Rumah Dan Cara Manajemennya

Sponsored Links

Tips Investasi Rumah Dan Cara Manajemennya

Investasi rumah juga memiliki plus dan minus sebagaimana investasi di bidang lainnya, perlu anda ketahui bahwa dengan tingkat populasi manusia yang semakin hari semakin meningkat bisa di prediksi rumah akan menjadi salah satu aset kemewahan. Membangun rumah atau membeli rumah baik itu rumah baru atau rumah bekas akan dapat mempengaruhi kehidupan anda sekian persen, sebab dana yang dikeluarkan di bilang tidak sedikit, walaupun anda mencicil di KPR tetap saja gaya hidup anda akan berubah pos-pos keuangan yang tadinya ada kelebihan terpaksa harus hati-hati dalam penggunaan dana. Semakin lengkap fasilitas sebuah rumah maka harga akan semakin mahal apalagi kalau rumah tersebut berada pada lokasi yang sangat strategis.Investasi-rumah-kost

Sebelum anda menentukan pilihan pada investasi rumah ada baiknya anda memperhatikan beberapa faktor yang sangat erat kaintannya dengan rumah. Antara lain, lokasi, budget, dokumen rumah, tiga hal itu yang sangat pokok. Bila anda sudah punya rumah atau belum lokasi sangat menentukan harga rumah tersebut, walaupun sekarang terasa sangat mahal lantaran budget terbatas tapi anda perlu paham bahwa setahun kemudian harga rumah akan mengalami peningkatan yang cukup tinggi, jadi kalau anda jual lagi tentu akan mendapatkan keuntungan yang tidak mengecewakan.

Mau tidak mau ketika anda akan membeli rumah harus memperhatikan dana yang anda miliki, walaupun memang banyak alternatif bisa membeli rumah tanpa uang tapi ujung-ujungnya kita harus memiliki koneksi dengan pihak bank agar dapat membeli rumah tanpa modal. Saran saya boleh-boleh saja anda membeli rumah menggunakan bank setelah menghitung berapa penghasilan anda setiap bulan, kalau harus mencicil apakah mengganggu kondisi keuangan keluarga apa tidak. Yang kedua kalau tidak ingin pinjam bank maka perhatikan apakah tabungan anda masih ada sisa apa tidak terutama pos biaya tak terduga, sebaiknya dana tersebut jangan ikut di ambil.

Yang ketiga adalah masalah dokumen rumah, jangan sampai mendapatkan rumah namun surat-surat rumah tidak jelas alias abal-abal. Kalau anda menjumpai kondisi seperti tersebut sebaiknya tinggalkan saja walaupun harga rumah itu biasanya murah dan dalam sengketa, boleh saja anda membeli rumah tersebut dengan syarat anda punya cukup nyali dan berpengalaman berhadapan dengan permasalah tersebut, sebab biasanya akan sangat rumit.

Jangan ragu untuk memulai investasi rumah dari sekarang

Kalau tiga hal di atas sudah anda periksa dengan teliti selanjutnya anda jangan berfikir dua kali lagi, karena banyak orang yang ingin mendapatkan rumah bisa jadi anda kalah start. Jika rumah itu sudah dimiliki secara utuh maka cita-cita investasi rumah sudah ada didepan mata. Setidaknya ada tiga cara agar rumah menambah keuntungan sebagaimana banyak orang yang berlomba-lomba membeli rumah untuk alasan jual beli, di kontrakan atau menjadi tempat kos-kosan.

Kalau untuk jual beli rumah sebelum membeli tentu anda sudah memperkirakan berapa biaya renovasi dan harga jualnya. Kalau ternyata rumah itu tidak terlalu parah dan biaya renovasi tidak banyak maka keuntungan yang anda dapatkan akan lebih banyak. Kadang-kadang orang tidak sadar menjumpai harga rumah murah dan langsung berfikir wah ini investasi rumah yang cukup menjanjikan, padahal anda tidak sadar kalau rumah tersebut berada pada lokasi kurang strategis, kalau motivasi anda adalah jual beli anda harus memperhatikan aspek perasaan, yaitu bagaimana perasaan anda dan keluarga bila berada di rumah tersebut, contoh rumah di dekat kuburan ini khususnya orang indonesia tidak menginginkan rumahnya berada dekat lokasi yang kurang menyenangkan, contoh lagi dekat dengan sungai, sering terjadi kebanjiran ini perlu di perhatikan.

Investasi rumah kos-kosan sangat menjanjikan keuntungan besar

Kalau anda ingin investasi rumah dalam bentuk kontrakan tentu lokasi sangat beragam, dimanapun rumah itu ada tetap akan menghasilakan yang penting tidak berada pada lokasi-lokasi yang saya sebutkan tadi. Kalau berada di dekat kota sewa kontrakan akan lebih mahal dibandingkan dengan sewa rumah di wilayah pedesaan. Saran untuk anda, anda harus selektif dengan calon penyewa rumah anda, jangan sampai di ada masalah hukum, riwayat bertetangga, ekonomi. Kalau tiga perkara itu lulus dijamin persewaan rumah akan lancar.

Bentuk investasi rumah kos-kosan, rumah kos-kosan identik dengan anak sekolah, kuliah dan karyawan. Tentu lokasi ini berada di kota dan memiliki akses market anda, kalau rumah anda dekat dengan suatu perusahaan maka jadikan rumah itu adalah rumah kos-kosan khusus karyawan, kalau rumah itu dekat dengan perguruan tinggi maupun sekolahan favorit maka rumah itu jadikan tempat kos untuk pelajar atau mahasiswa. Jangan sampai mencampur antara kos-kosan karyawan dengan pelajar atau mahasiswa karena mereka beda kepentingan dan pemikiran.

Bagi anda yang menyewakan rumah atau sebagi tempat kos sebaiknya anda secara bertahap mengkontrol kondisi rumah, ini sebagai bentuk service anda mungkin ada bagian rumah yang perlu di renovasi atau ada problem lain di kos-kosan atau kontrakan anda. Keuntungan dari investasi rumah ini bisa mencapai 50 persen lebih tapi anda harus bersabar menunggu untuk mendapatkan keuntungan puluhan juta.