Tips Membangun Kamar Mandi Sehat Untuk Rumah Minimalis Sederhana

Sponsored Links

Tips Membangun Kamar Mandi Sehat Untuk Rumah Minimalis Sederhana

Memiliki kamar mandi didalam rumah sudah menjadi kebutuhan rumah modern, dulu kala kamar mandi dibangun di lokasi yang berbeda dengan bangunan rumah, biasanya mereka membangun dengan ukuran 5 X 5 untuk tempat cuci baju, wc dan kamar mandi. Sebenarnya bangunan kamar mandi yang jauh dari rumah lebih baik dan kesehatan lebih terjaga. Namun akhir-akhir ini karena lahan semakin sempit serta mahal ditambah dengan gaya hidup mengalami perbedaan dimana orang cenderung malas melakukan pekerjaan yang berat, mereka lebih suka dengan segala sesuatu serba instan maka bangunan rumah minimalis sederhanapun menyesuaikan dengan kondisi tersebut termasuk kamar mandi.Kamar-mandi-idaman-dan-bersih

Untuk memanjakan pemilik rumah minimalis, kamar mandi sekarang telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas tergantung berapa budget yang tersedia untuk melengkapi kamar mandi mereka. Antara lain shower dengan berbagai macam tipe, bathtub, air panas, air dingin ada juga aksesoris pemutar mp3. Kalau anda tidak suka dengan model desain kamar mandi yang berlebihan, maka anda bisa memilih model kamar mandi sebagaimana fungsinya yaitu tempat untuk membersihkan badan dari kotoran. Pertama-tama periksa saluran air dan dari mana air itu berasal, ini hal utama yang menjadi perhatian anda, sebab kalau air itu berasal dari sungai yang tercemar bahan kimia pabrik tentu tidak baik untuk kesehatan apalagi kalau sampai masuk kedalam tubuh, bahkan kalau kadar kimia atau kotoran itu melebihi batas jika terkena kulit yang gampang alergi bisa menyebabkan penyakit kulit.

Kedua air yang berada dalam kolam minimal 200 liter, walaupun ini belum sampai pada penelitian para ahli bahwa air bersih sebanyak 200 liter akan membantu kesehatan kulit anda. Kalau di pikir secara logika memang semakin banyak air yang digunakan maka akan semakin bersih dan kotoran membandel tidak akan mampu bertahan lama menempel pada kulit.

Ketiga gunakan keramik berwarna terang pada kolam, ini bertujuan agar setiap ada kotoran yang ada dalam kolam akan cepat terlihat dan mudah di bersihkan. Bersihkan kolam setiap hari atau dua hari sekali menggunakan selang, dengan cara menyedot kotoran-kotoran yang mengendap di dasar kolam.

Keempat buat lantai kamar mandi miring kearah selokan agar kotoran sabun langsung mengalir sehingga tidak membuat licin lantai. Gunakan keramik dengan teksture kasar untuk mengurangi bahaya terpleset didalam kamar mandi. Kalau memang ingin memasang WC dalam kamar mandi usahakan lobang lebih dalam agar kotoran yang tidak terduga menciprat pada pakaian atau tubuh, biasanya akan menyebabkan kulit anda terkena dampak dari kotoran yang menempel.

Kelima dengan memasang pintu ukuran lebih lebar dari umumnya, yang di jual dipasaran biasanya memiliki lebar 50 cm, bila memang tidak ada yang lebih lebar sebaiknya pesan kepada tukang pintu untuk membuatkan pintu dengan lebar 90 cm hingga 1 meter, ini bertujuan untuk mempermudah akses keluar masuk anda masuk kedalam kamar mandi.

Keenam sebaiknya bangun kamar mandi lebih luas, cipratan air sabun dan kotoran lain akan menempel pada dinding dan kalau tidak hati-hati pakaian atau tubuh anda akan menempel pada dinding yang kotor. Oleh karena itu bangun kamar mandi anda lebih luas agar anda leluasa ketika mandi.

Ketujuh jangan abaikan pencahayaan kamar mandi, gunakan lampu yang lebih terang, dengan menggunakan lampu terang mandi akan lebih bersih kotoran akan mudah terlihat dengan tambahan cermin dinding untuk membantu anda membersihkan badan dari kotoran yang menempel.

Kedelapan kalau memang memungkinkan pasang keramik dinding, dengan menggunakan keramik dinding akan mudah di bersihkan dan warna terang dari keramik lebih awet daripada cat tembok yang harus diganti secara berkala setahun atau enam bulan sekali.

Untuk letak kamar mandi disesuaikan dengan kondisi rumah anda, kalau memang luas dan ingin seperti rumah mewah biasanya kamar mandi langsung terhubung dengan kamar tidur, tapi kalau tidak memungkinkan dan anda tidak suka bangunlah kamar mandi pada area yang jarang terjamah seperti belakang rumah atau bersebelahan dengan gudang akan tetapi masih satu atap dengan rumah. Ingat pesan terahir jangan sampai membangun kamar mandi berdekatan dengan ruang makan atau dapur.