Tips membeli rumah seken

Sponsored Links

Tips membeli rumah seken

Dana yang yang terbatas akan memaksa anda untuk membeli rumah seken, rumah bekas lebih murah ketimbang rumah baru namun semuanya kembali pada lokasi dimana rumah itu berada. Apabila rumah itu berada pada lokasi strategis maka harga bisa lebih mahal daripada rumah baru. Namun secara umum rumah bekas lebih murah dan akan menghembat biaya pengeluaran anda pada tahun ini. Di penghujung tahun 2014 mungkin diantara kalian ada yang baru membangun rumah, atau baru memiliki rumah walaupun harus melalui perjuangan yang sangat panjang, saya ucapkan selamat untuk anda, mudah-mudahan rumah baru anda akan menjadikan berkah bagi anda dan keluarga tercinta. Khususnya bagi teman-teman yang masih dalam tahap perencanaan dan menabung harap tetap sabar sambil menunggu kesempatan yang tepat untuk membeli atau membangun hunian keluarga tercinta.

Rumah-seken
Rumah seken

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan sebelum anda membeli rumah seken, antara lain :

  1. Kondisi bangunan
  2. Lokasi bangunan
  3. Umur bangunan
  4. Periksa surat / dokumen bangunan rumah
  5. Periksa harga rumah
  6. Bertemu langsung dengan calon penjual
  7. Menggunakan jasa makelar terpercaya

tujuh hal inilah yang perlu dicatat baik-baik sebelum membeli rumah seken, kondisi bangunan memberikan pengaruh besar pada harga rumah, sebab rata-rata pembeli akan melihat kondisi rumah melalu foto atau survey langsung ke lokasi. Jika kondisi rusak parah tentu harga tidak begitu mahal sebab setelah dibeli harus di renovasi dengan biaya yang lebih banyak lagi. terutama ketika musim penghujan atap akan menjadi prioritas utama dalam melakukan renovasi selanjutnya pada bagian tembok, dan keramik. Jadi tidak mungkin kalau kondisi bagunan parah di jual dengan harga diatas rata-rata, oleh karena itu anda harus survey langsung untuk memeriksa kondisi rumah tersebut.

Lokasi bangunan rumah seken juga menentukan harga rumah, bahkan walaupun hanya masih berupa tanah harga sudah sangat fantastis. Jadi kalian jangan heran kalau tanah kosong di kota Surabaya harga bisa mencapai 5 juta lebih permeternya. Bagi yang memiliki dana lebih tentu tidak perlu khawatir walaupun harga selangit tetap bisa membeli namun kalau dana pas-pasan sebaiknya harus berfikir dua kali sebelum membeli tanah atau rumah di lokasi stategis dengan harga selangit.

Tanyakan kepada pemilik bangunan berapa usia bangunan tersebut, caranya tentu tidak langsung bertanya bangunan ini telah berusia berapa tahun, tapi gunakan dengan giringan kata-kata yang membuat mereka memberikan gambaran tahun berapa rumah itu di bangun. Kenapa anda perlu mengetahui umur bangunan rumah ? dengan kita mengetahui umur rumah seken maka akan bisa memperkirakan kekuatan bangunan sehingga bisa memetakan mana yang perlu di renovasi sesegera mungkin. Nah setelah tahu umu bangunan anda bisa menekan harga agar di jual semurah mungkin.

Memeriksa dokumen surat-surat rumah itu berkaitan dengan hukum atau untuk antisipasi terjadinya penipuan jual beli rumah. Tanyakan kepada tetangga kanan kiri mungkin mereka tahu riwayat rumah tersebut, kemudian ke pejabat kelurahan tanyakan tentang keaslian dokumen atau ke dinas agraria.

Setelah semua dokumen selesai anda teliti dan tentu sebelumnya anda sudah tahu berapa kisaran harga rumah seken tersebut. Kalau sudah yakin dan berdoa mengharap bahwa rumah itu akan menjadi hunian keluarga anda, maka temuilah pemilik rumah dan lakukan penawaran barangkali mereka akan memberikan harga khusus untuk anda. Ingat membeli rumah untuk di tempati keluarga sendiri itu beda dengan untuk di jual, kalau untuk di jual sekiranya bisa mendapatkan untuk maka tidak perlu banyak pertimbangan, sebab kesempatan tersebut bisa di ambil orang lain.

Jika anda termasuk orang super sibuk atau tidak tahu menahu tentang masalah jual beli rumah seken sebaiknya menggunakan jasa broker/makelar rumah yang terpercaya, syukur mereka adalah keluarga anda sendiri sehingga tidak begitu banyak mengambil keuntungan.