Tips Membuat desain Rumah Idaman Lebih Efisien

Sponsored Links

Tips Membuat desain Rumah Idaman Lebih Efisien

Dalam membuat desain rumah idaman, hendaknya anda lebih mementingkan nilai-nilai fungsional dari setiap bagian dari rumah. Hal ini penting karena dengan begitu anda dapat memperoleh kenyamanan yang tentunya sangat anda dambakan. Dan manfaat lainnya adalah dengan menitik beratkan pada fungsi, maka akan hanya ada sedikit perabot dan dekorasi yang anda letakkan di dalam rumah. Dalam hal ini maka ruangan akan jauh lebih mudah saat dibersihkan. Selain itu interior rumah anda tidak akan terkesan kaku. Dibawah ini beberapa hal yang logis yang dapat membantu anda atau setidaknya memberi anda referensi baru dalam membuat desain rumah idaman secara efisien.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah cukup dengan membuat desain rumah idaman anda seluas yang anda butuhkan dan inginkan. Jika anda memiliki tanah yang cukup luas, hendaklah untuk membuat sebuah rumah tidak terlalu besar, yang sedang-sedang saja sudah cukup. Terutama bagi anda yang memiliki keluarga kecil, maka sebaiknya hindari membangun rumah yang terlalu besar. Karena selain membuang-buang biaya yang tidak perlu, nantinya akan banyak ruangan tak terpakai yang hanya akan menambah beban pekerjaan anda dalam keseharian.

Keuntungan Desain Rumah Idaman Ukuran Kecil

Ya, tanpa kita sadari, sebenarnya banyak keuntungan yang bisa kita nikmati dari desain rumah idaman yang berukuran yang tidak terlalu luas. Manfaat secara financial yang bisa kita nikmati antara lain mulai dari biaya pembangunan yang tentunya lebih rendah, pajak tahunan yang kecil, dan lain-lain. Dalam hal efisiensi, rumah kecil memiliki tingkat efisiensi tenaga dan energi yang tentunya jauh lebih baik daripada rumah besar. Rumah yang kecil juga lebih mudah untuk merawat dan membersihkannya, lebih mudah dalam pengaturan sirkulasi udara dalam rumah, dan banyak lagi. Sehingga nantinya tercipta rumah yang segar dan fresh dan pastinya sehat.

Selain hal tersebut di bagian pertama, pertimbangkan juga saat membuat desain rumah idaman yakni untuk mengalokasikan tempat untuk kamar tidur dan kamar mandi tambahan. Kamar tidur dan kamar mandi tambahan akan berguna saat ada penambahan jumlah orang yang tinggal dirumah tersebut dikemudian hari, misal anda kedatangan tamu atau bahkan mungkin lahirnya anggota baru dalam keluarga anda.

Teliti Perabot Desain Rumah Idaman Minimalis Anda

Kedua, dalam hal merangkai desain rumah idaman berinvestasilah pada peralatan elektronik. Pilihlah berinvestasi pada peralatan elektronik yang mempunyai daya efisiensi yang sangat tinggi. Jika anda menggunakan barang-barang elektronik buatan Indonesia, periksalah apakah ada label sudah masuk standar Indonesia apa belum. Cek pada kolom SNI pada barang. Sedangkan jika menggunakan barang-barang yang berasal dari luar negeri bisa di cek pada label energy star jika barang tersebut resmi merupakan barang-barang impor. Contohnya, lemari es keluaran terbaru yang memiliki ukuran ramping dan kecil adalah lebih baik dalam hal efisiensi konsumsi energi listrik, dari pada lemari es terdahulu yang masih berukuran besar. Selain itu investasikan juga pada perabot atau peralatan yang terbukti irit dikelasnya, seperti lampu yang irit dan tahan lama, dan lain sebagainya. Dengan penggunaan peralatan hemat listrik, maka sedikit banyak anda akan mampu menekan pengeluaran bulanan untuk listrik. Dan juga rumah anda akan terasa aman pastinya.

Ketiga, selain memilih barang-barang yang aman dan irit, pertimbangkan juga dalam memilih bahan material yang kuat dan tahan lama. Hal ini tak lain adalah agar rumah anda dapat bertahan bertahun-tahun dengan resiko perbaikan seminimal mungkin. Oleh karenanya, berinvestasilah pada bahan material yang memiliki kualitas yang baik di kelasnya. Jika anda memiliki pengetahuan yang sangat terbatas mengenai bahan-bahan bangunan tersebut, anda bisa mencoba berkonsultasi pada orang yang mengerti dibidangnya. Dahulukan mutu bahan ketimbang harga, karena jika kualitas jelek dan harganya murah, maka kemungkinan besarnya adalah dikemudian hari anda akan dipusingkan dengan pengeluaran yang jauh lebih besar untuk perbaikan. Dan belum termasuk kerugian waktu dan tenaga selama proses-proses perbaikan tersebut.

Terakhir, pertimbangkan untuk membeli bahan-bahan material lokal. Dengan pertimbangan ongkos yang murah karena tidak memerlukan jarak yang jauh dalam mengirimnya. Kemudian barang-barang local lebih mementingkan keperluan pribadi dan ciri-ciri khas suatu daerah. Demikian tips-tips membangun dan membuat desain rumah idaman. Semoga bermanfaat.