Tips Mendesain Rumah Minimalis Modern yang Cantik

Sponsored Links

Tips Mendesain Rumah Minimalis Modern yang Cantik

Rumah minimalis Modern – Ada banyak sekali model desain rumah namun pada saat ini bisa dikatakan bahwa rumah dengan desain modern minimalis sedang menjadi menjadi primadona. Model desain modern minimalis banyak diterapkan di berbagai jenis rumah mulai dari rumah tinggal hingga di banyak kompleks perumahan. Bahkan lebih dari itu konsep desain modern minimalis juga diterapkan untuk banyak jenis bangunan lainnya mulai dari gedung perkantoran, ruko, hotel, restoran dan banyak jenis bangunan lainnya. Sebenarnya rumah minimalis modern sesuai dengan namanya memiliki konsep dasar yang simple atau sederhana namun memiliki kesan elegan tersendiri sehingga inilah yang menjadi keunikan tersendiri.

Rumah-minimalis-modern-1-lantai

Konsep Dasar dari Rumah Minimalis Modern

Ada beberapa karakteristik dasar yang melekat erat pada rumah minimalis modern yaitu kesederhanaan dan ini diaplikasikan baik untuk interior dan eksterior rumah. Dengan kata lain tidak ada ornamen-ornamen yang rumit yang diaplikasikan pada eksterior. Ini berbeda dibandingkan rumah dengan konsep mediteranean yang cenderung dihiasi dengan banyak ornament-ornamen eropa dengan berbagai bentuk lengkung yang indah. Rumah dengan desain minimalis modern cenderung didominasi dengan garis tegas simetris baik vertical, horizontal maupun diagonal. Kalaupun terdapat garis lengkung hanya bersifat pelengkap dan porsinya jauh lebih kecil. Sebagai contoh pagar, pagar rumah dengan konsep mediteranean cenderung dihiasi dengan uliran-uliran yang indah sedangkan pagar untuk rumah dengan konsep minimalis modern cukup dibuat dengan pola sederhana baik horizontal maupun vertical saja.

Berbagai Pilihan Cara Menghias Rumah Minimalis Modern

Kesederhanaan dari rumah minimalis modern juga terlihat untuk karakter pintu, kusen, jendela yang juga sederhana dengan pola kotak dengan garis yang tegas. Interior rumah minimalis modern juga cenderung sederhana dan ini bisa kita lihat pada pemilihan furniture seperti sofa dan meja tamu. Sofa dan meja tamu yang dipilih biasanya berbentuk kotak dengan sudut yang tegas simetris. Buffet atau meja TV juga dibuat sederhana tanpa adanya ukiran-ukiran seperti pada rumah dengan konsep klasik. Bahkan ada banyak yang memasang buffet atau meja TV yang ditempel langsung ke dinding ruang tamu. Selain menambah keunikan cara ini juga bisa membuat ruang tamu tampak lebih luas.

Pemilihan warna untuk rumah minimalis modern bisa dikatakan cukup unik karena sekalipun memakai konsep sederhana namun pemilihan warna bisa jadi cukup beragam. Rumah minimalis modern bisa menerapkan hanya satu atau dua warna saja baik untuk interior maupun ekserior bangunan rumah. Bisa jadi pemilihan warna dipilih berdasarkan degradasi warna seperti warna putih yang dipadu dengan krem, warna kuning yang dipadu dengan egg yolk yellow. Bisa juga dipilih warna-warna yang kontras seperti warna green lime dengan warna navy blue, tergantung dari selera pemilik rumah atau desainer itu sendiri. Pemilihan warna ini tergolong sulit karena tidak hanya mempertimbangkan faktor karakteristik konsep bangunan tetapi juga selera dan luasan ruangan.

Meskipun memiliki konsep modern bukan berarti rumah minimalis modern tidak bisa dikombinasikan dengan corak tradisional karena pada kenyataannya rumah minimalis modern bisa dipadupadankan dengan sentuhan-sentuhan berbagai macam etnis budaya. Pada umumnya sentuhan etnis pada bangunan rumah erat kaitannya dengan penggunaan bahan-bahan alam seperti batu alam ataupun berbagai jenis kayu. Yang harus diperhatikan di sini hanyalah porsi corak tradisional dengan sentuhan bahan alam hanyalah sebagai pelengkap saja dengan kata lain porsinya kecil dan tdak mendominasi separuh bangunan, misalnya menggunakan background gebyok jepara hanya untuk satu sisi dinding interior saja.