Tips Sederhana Memilih Rumah di Perumahan Baru

Sponsored Links

Tips Sederhana Memilih Rumah di Perumahan Baru

Rumah adalah adalah salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Setiap orang membutuhkan rumah sebagai tempat tinggal terlepas apapun desain dan bentuk dari rumah itu sendiri. Akan tetapi perlu kita sadari bahwa sangat tidak mudah untuk memiliki sebuah rumah karena memang harga rumah pada umumnya sangat mahal karena di kala kita membeli rumah kita juga harus membeli lahan tempat rumah itu berdiri. Belum lagi biaya tambahan lainnya seperti biaya balik nama, pajak PBB dan lain sebagainya. Ada beberapa pilihan rumah yang bisa kita beli seperti rumah di perkampungan, rumah di apartemen ataupun rumah di Perumahan Baru. Masing-masing tentu saja memiliki keunggulan. Membeli apartemen mungkin bukan pilihan yang diambil oleh banyak orang pada umumnya karena harga apartemen rata-rata sangat mahal.Perumahan-baru-ciledug

Membeli rumah di perkampungan bisa jadi ide yang bagus karena lebih murah akan tetapi kesulitannya adalah akses jalan yang sempit dan rata-rata tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Orang-orang yang sibuk cenderung tidak memilih rumah di perkampungan karena ini menuntut keikutertaan mereka dalam kegiatan sosial padahal orang-orang ini selalu dan terlalu sibuk dengan kegiatan mereka. Intinya, jika anda memilih di areal perkampungan, umumnya anda akan diminta untuk selalu aktif dalam kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh penduduk setempat. Ini hal yang baik sebenarnya, namun terkadang masyarakat yang terbiasa di kehidupan kota akan merasa agak canggung dalam menghadapi perubahan tersebut.

Membeli Rumah Di Perumahan Baru Lebih Murah Serta Ekonomis

Membeli rumah di Perumahan Baru bisa menjadi pilihan yang terbaik dan pilihan utama bagi banyak orang, terutama pasangan muda karena rumah di kompleks perumahan cenderung lebih murah daripada apartemen, walaupun masih lebih mahal daripada rumah di perkampungan. Selain itu kompleks perumahan rata-rata cukup nyaman karena setiap Perumahan Baru yang dibangun diwajibkan memiliki segala fasilitas yang mendukung keamanan, kenyamanan dan keselamatan penghuninya seperti fasilitas umum, akses masuk yang bisa dilalui kendaraan roda empat, lahan terbuka hijau, tenaga keamanan dan fasilitas umum lainnya.

Dan beberapa perumahan baru juga memiliki sistem air minum independent, yang berarti anda tidak akan bergantung pada PDAM untuk mendapatkan air bersih. Ini sangat menguntungkan terutama pada area yang sering mengalami masalah dengan pengadaan air bersih. Lagipula, beberapa perumahan juga memiliki sistem drainase yang lebih canggih sehingga rumah anda akan bebas banjir selamanya.

Perhatikan Lokasi Perumahan Baru Anda

Membeli rumah di Perumahan Baru bukanlah perkara yang mudah karena ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan. Yang pertama adalah lokasi dari perumahan tersebut. perumahan rata-rata tidak dibangun ditengah kota karena harga lahan yang mahal. Rata-rata perumahan dengan pangsa pasar menengah ke bawah dibangun di perbatasan daerah atau di pedesaan karena harga lahan relative lebih murah. Sisi negatif dari hal ini adalah aksesibilitas dari perumahan tersebut. Di banyak kasus kompleks perumahan cenderung masuk terlalu dalam di pedesaan sehingga akan menambah jarak tempuh kita pulang-pergi bekerja. Keuntungan dari perumahan di pedesaan adalah lingkungan yang lebih asri dan lega serta harga yang jauh lebih murah.

Fasilitas adalah salah satu hal yang perlu kita pertimbangkan bila kita membeli rumah di kompleks Perumahan Baru. Fasilitas ini tidak hanya sebatas fasilitas dalam kompleks perumahan itu tetapi juga kemudahan dan akses ke fasilitas umum seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan dan ekonomi, sekolah dan kantor-kantor pemerintahan bila perlu.

Di atas itu semua harga adalah salah satu hal yang penting yang harus kita pertimbangkan saat membeli rumah di kompleks perumahan. Anda harus jeli untuk memperhitungkan harga rumah dengan kemampuan anda. Disamping itu legalitas dari rumah tersebut harus jelas dan proses jual beli rumah juga harus anda pelajari.

Sebelum membeli rumah tersebut ada baiknya anda mengecek ke Badan Pertanahan Nasional atau BPN untuk memastikan lahan perumahan baru tersebut tidak dalam status sengketa dan sudah sah menurut hukum yang berlaku. Anda juga perlu mengecek dan memperbandingkan harga rumah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial anda. Selain itu jangan lupa untuk membandingkan berbagai pilihan produk perumahan dan fasilitas yang ditawarkan.