Variasi Desain Interior dengan Batu Alam, Mungkinkah ?

Sponsored Links

Variasi Desain Interior dengan Batu Alam, Mungkinkah ?

Sudah sekian lama batu alam dijadikan sebagai aksesoris tambahan yang digunakan untuk memperindah desain interior rumah. Batu alam mempunyai banyak kelebihan yang membuatnya semakin banyak digemari. Sensasi fresh dan natural yang diberikan semakin membuat ruangan menjadi lebih sejuk, dan membuat penghuninya akan merasa rileks. Konsep ini sangat cocok diterapkan pada hunian yang berada di daerah perkotaan yang haus akan sentuhan alam pada setiap sudutnya.

Batu alam bisa ditemui di banyak tempat. Berbagai toko bangunan bahkan memiliki berbagai pilihan batu alam yang dapat anda pilih untuk dekorasi rumah anda nantinya. Dan dibandingkan dengan bahan lainnya, batu alam memiliki berbagai keunggulan yang patut kita ketahui. Kita mulai dengan kelebihan batu alam yang pertama yaitu fleksibilitasnya yang tinggi sehingga bahan ini dapat diterapkan pada berbagai model rumah, mulai dari yang bercorak etnis, kontemporer, bahkan bisa juga diterapkan pada model hunian minimalis. Karakteristik batu alam yang alami membuat desain interior rumah menjadi lebih segar dan memberikan atmosfir baru pada keseluruhan interior. Dengan adanya batu alam ini, kita dapat memberikan nuansa hangat dan seakan mengajak kita untuk lebih menyatu dengan alam.

Kelebihan Desain Interior Menggunakan Batu Alam

Kelebihan selanjutnya adalah batu alam ini memiliki corak warna yang sangat bervariasi sehingga anda bisa memilih corak warna yang sesuai dengan konsep ruangan di desain interior rumah anda. Selain itu, karakter dari suatu ruangan dapat dimunculkan dengan memilih corak warna yang tepat. Kelebihan lainnya adalah batu alam ini mudah didapatkan karena hampir disetiap daerah tersedia toko yang khusus menyediakan material-material yang bahan dasarnya berasal dari batu alam. Jadi anda tidak perlu pusing mencari toko untuk menambah material ini bila jumlah material yang anda butuhkan kurang.

Kelebihan berikutnya adalah batu alam ini merupakan salah satu material yang memiliki karakteristik mudah dibentuk. Ya, dengan metode yang benar, batu alam bisa dibentuk menjadi pola atau pattern yang kita sukai. Pada dasarnya, batu alam dibagi menjadi dua jenis yaitu batu–batuan tua yang sulit dibentuk karena memiliki tekstur yang keras, dan satunya lagi adalah batu alam muda yang mudah dibentuk karena teksturnya yang lebih lunak. Biasanya batu alam muda inilah yang banyak digunakan sebagai hiasan desain interior atau bahkan lapisan tembok rumah anda. Contoh batu alam muda yang sering digunakan adalah batu paliman dan batu paras. Kedua jenis batu ini adalah favorit bagi banyak pemilik rumah, pun bahan tersebut dapat ditemukan dengan mudah pada banyak toko atau penjual baru alam.

Perawatan Desain Interior Batu Alam

Perawatan batu alam ini juga tidak membutuhkan treatment yang khusus dan ribet. Anda hanya harus rajin membersihkannya agar desain interior rumah anda terhindar dari debu dan pertumbuhan lumut. Untuk membersihkannya, yang anda butuhkan hanyalah sikat dan air. Untuk hasil yang maksimal sangat disarankan agar anda menggunakan air yang telah dicampur dengan sabun pada bilasan pertama. Selain itu, anda juga dapat mengaplikasikan cairan lapisan khusus yang akan membuat interior batu alam anda terhindar dari pertumbuhan lumut, serta tampak lebih bersih. Pemilihan bahan coating ini harus disesuaikan dengan jenis batu alam yang anda gunakan. Biasanya pelapisan ini akan bertahan sekitar 6 bulan sampai 1 tahun, tergantung kualitas bahan coatingnya dan kondisi yang mempengaruhi batu alam itu sendiri.

Selain perawatan, hal lain yang perlu anda perhatikan adalah ukuran batu alam serta desain bentuk atau pola yang akan di terapkan pada interior rumah anda. Hal ini dikarenakan setiap batu alam memiliki ukuran dan juga tekstur yang berbeda–beda antara satu dengan lainnya. Ya, batu alam tidak seperti keramik yang memiliki bentuk yang teratur, sehingga penyusunannya sedikit memakan waktu dan tenaga. Oleh karenanya sebelum anda memulai memasang batu alam, ada baiknya untuk membuat perencanaan yang matang serta memilih batu dengan ukuran dan pola yang sesuai dengan konsep dekorasi rumah anda nantinya. Dengan perencanaan yang matang akan menghindarkan anda dari kesulitan dikemudian hari. Sekian penjelasan tentang desain interior batu alam pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.