desain-rumah-sakit-modern

Posted on

desain-rumah-sakit-modern

Pada umumnya ruang bangsal pasien mendapatkan porsi lahan yang lebih luas agar rumah sakit dapat menampung banyak pasien. Ruang Installasi Gawat Darurat dalam Desain Rumah Sakit pada umumnya memang tidak mendapat porsi yang luas akan tetapi selalu harus mendapat lokasi yang paling strategis dan akses langsung ke jalan utama. Begitu juga ruang logistik biasanya juga mendapatkan akses langsung ke jalan raya hanya saja tempatnya bisa disamping atau belakang bangunan rumah sakit. Ruang apotik, ruang klinik dan loket pembayaran biasanya dibuat saling berdekatan untuk mempermudah layanan pasien. Banyak lagi pertimbangan luasan dan lokasi bagian-bagian dalam rumah sakit yang harus anda pertimbangkan.

Memang mendapatkan lahan yang luas tidak mudah sebagai gantinya kita bisa mensiasati dengan membangun rumah sakit bertingkat, dengan demikian kita bisa menghemat lahan. Desain Rumah Sakit bertingkat untuk bagian eksterior bisa sangat beragam, tergantung pada banyak faktor. Sekalipun rumah sakit berorientasi pada layanan kesehatan akan tetapi tidak salah apabila rumah sakit dibangun dengan sentuhan modern guna menjaga estetikanya. Rumah sakit bisa mengadopsi model bangunan minimalis kontemporer yang bercorak sederhana tetapi memiliki karakter yang cukup elegan.
Menempatkan Jendela Kaca Desain Rumah Sakit Agar Cahaya Matahari Masuk

Pada bagian eksterior pada Desain Rumah Sakit bisa didominasi oleh jendela kaca supaya para pasien yang menginap mendapat cahaya matahari langsung sedangkan balkoni bisa dibuat menghadap ke dalam rumah sakit. Sekalipun demikian penting juga untuk menyediakan lahan untuk tanaman hijau di luar bagian rumah sakit, bisa di bagian depan ataupun dalam rumah sakit. Di bagian depan taman-taman hijau seperti rumput atau palm bisa menambah estetika bangunan rumah sakit pada sisi depan. Di bagian dalam juga bisa di buat taman-taman dengan rumput dan beberapa pohon perindang dan ini bermanfaat untuk menimbulkan kesan sejuk dan tenang. Di samping itu tanaman dan pohon juga bisa membantu memberikan udara segar di lingkungan rumah sakit.

Pada bagian interior Desain Rumah Sakit bisa diaplikasikan juga konsep minimalis untuk menimbulkan kesan elegan dan praktis tanpa mengabaikan keselamatan dan kenyamanan pasien. Selasar bisa dilengapi dengan teralis horizontal pada ketinggian tertentu dimana ini bisa membantu pasien untuk berlatih berjalan. Untuk warna bisa dipilih warna yang netral seperti putih atau kuning untuk menimbulkan kesan luas dan bersih. Akan tetapi bisa juga di pilih warna-warna sejuk seperti hijau muda agar tidak menimbulkan kesan membosankan bagi pasien.

Sistem instalasi listrik, ventilasi, dan pembuangan limbah juga perlu dipertimbangkan serta masuk dalam gambar Desain Rumah Sakit yang akan anda buat. Ini penting mengingat instalasi liistrik dan ventilasi bisa jadi sangat vital untuk memastikan semua orang akan merasa nyaman. Dan sistem pembuangan limbah yang didesain dengan benar dan tepat adalah juga merupakan hal yang penting untuk menjaga keasrian dan kesehatan lingkungan di sekitar rumah sakit. Jangan sampai sistem pembuangan limbah akan menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan sekitar rumah sakit nantinya.

Gravatar Image
Memiliki rumah yang cantik dan nyaman adalah impian semua orang. Namun, tidak semua orang mampu mengetahui secara pasti bagaimana mendesain rumah dan menciptakan tempat tinggal yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Dan disinilah kami. Demi menjawab kebutuhan anda akan informasi mengenai properti dan desain interior, kami mencoba menyajikan semua yang anda butuhkan disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *