Membedakan Cincin Berlian Wanita Asli dan Palsu

cincin berlian wanita

Jika Anda pernah menatap cincin berlian wanita berkilau di jari Anda dan bertanya-tanya apakah itu benar-benar asli atau palsu, jangan merasa bersalah. Banyak sekali memang berlian palsu atau bahkan yang sintetis. 

Sekilas melihat pada cincin Anda kemungkinan tidak akan memberi Anda jawaban apa pun di sini. Siapa pun yang tidak terbiasa dengan struktur dan komponen berlian akan mudah bingung membedakan berlian asli dengan batu sintetis, seperti yang terbuat dari zirkonia kubik atau moissanit. Beberapa bahan sintetis terlihat sangat nyata sehingga Anda bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun tanpa menyadari bahwa itu palsu.

Ada banyak tes di rumah yang dapat Anda lakukan untuk mengungkapkan kebenarannya.

cincin berlian wanita

Berlian Asli Memantulkan Baik Warna dan Cahaya Putih

Salah satu hal yang paling menyenangkan secara estetika tentang berlian adalah caranya berkilau dan berkilau di bawah sinar matahari. Letakkan batu Anda melalui tes ini dengan melihat warna yang dipantulkannya. Anda akan melihat warna pelangi dan putih mengedip pada Anda, bukan hanya putih. 

Tidak Menipu  Dengan Kilatan Pelangi

Di sinilah hal-hal menjadi sedikit membingungkan: Salah satu tanda CZ alias berlian sintetis mungkin tidak adanya warna, tetapi sekaligus wajib diwaspadai terlalu banyak warna. Jika berlian yang Anda kenakan sintetis, ia akan memancarkan pelangi dan sangat cerah di bawah lampu atau sinar matahari. Berlian itu juga hampir terlihat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan karena terlalu dibuat dengan standar yang ingin terlihat sempurna.

Tentu saja, berlian asli akan berkilau, tetapi, kilaunya menjadi lebih halus. daripada sintetis. Pada dasarnya, jika menurut Anda berlian itu terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, alias too good to be true, mungkin saja itu palsu.

Tes ini bekerja lebih baik dengan membandingkannya dengan berlian asli daripada melihat batu secara individual. Anda bisa menyambangi Mondial untuk mengecek dengan cara ini.

Tidak Berkabut

Tes di rumah yang cepat dan mudah adalah dengan bernapas di atas batu cincin berlian. Jika itu berlian asli, kemungkinannya kecil untuk berembun karena kondensasi tidak menempel pada berlian dengan cara yang sama seperti pada sintetis. Namun, jika Anda menghembuskan napas di atas berlian sintetis, Anda akan menyadari bahwa ia tetap berkabut lebih lama. Perlu diperhatikan bahwa ini adalah tes lain yang bekerja lebih baik jika Anda menyandingkannya dengan berlian asli.

Tidak Tergores

Berlian cukup sulit untuk digores, bahkan dengan batu sekali pun. Maka, ambil pisau dan gores bagian atas batu dengan lembut. Kalau tergores, itu bukan berlian, itu pasti sintetis. 

Tidak Akan Pecah dalam Suhu Ekstrem

Melakukan tes panas/dingin memang agak merepotkan, tetapi juga dapat menunjukkan kepada Anda kualitas batu tersebut. Mulailah dengan memegang batu di atas api dan kemudian jatuhkan ke dalam segelas air es. Hasilnya, berlian asli tidak akan pecah, sedangkan berlian palsu akan pecah karena suhu ekstrem. Anda dapat menempatkan panas sebanyak yang Anda bayangkan dan  berlian asli tidak  akan rusak. Berlian palsu tidak bisa tahan dalam panas seperti itu. Meskipun Anda dapat menghancurkan berlian yang palsu dalam proses ini, berlian asli tetap utuh.

Berlian Asli Tidak Mengambang

Pilihan yang mudah dilakukan adalah tes mengambang. Jatuhkan batu Anda ke dalam segelas air. Jika tenggelam, itu mungkin asli, tetapi jika mengapung, meski hanya sedikit, kemungkinan itu berlian sintetis. Satu-satunya masalah dengan tes yang satu ini adalah ia tidak selalu 100 persen akurat. Berlian asli pasti akan tenggelam, tapi mungkin tergantung dari bahan sintetisnya. Karena, ada berlian sintetis yang mungkin mengapung, lantaran dibuat dari bahan yang cukup berat untuk tenggelam. 

Membeli cincin berlian wanita memang harus cermat karena jika tidak, tentu Anda yang akan rugi. Maka dari itu, belilah di tempat yang terpercaya seperti official store Mondial untuk mendapatkan cincin berlian wanita yang asli.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *