Hand Held Metal Detector, Sebagai Alat Ukur Pendeteksi Emas

Hand held metal detector

Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi tentang apa itu Hand held metal detector. Alat ini difungsikan sebagai salah satu alat pendeteksi logam. Karena bentuknya seperti tongkat, maka sering disebut dengan tongkat deteksi.

Tongkat deteksi atau alat ini akan memberikan sinyal alarm atau mendeteksi jika ada benda tertarget berada di radius yang telah ditentukan. Sehingga jika digunakan sebagai alat deteksi misalkan pada tubuh, maka dari ujung rambut hingga kaki bisa terdeteksi menggunakan alat ukur deteksi ini dengan cepat dan akurat.

Misalnya saja ada orang yang membawa senjata tajam dan logam. Tongkat deteksi ini akan memberikan alarm LED yang menyala-nyala. Sehingga biasanya alat tersebut digunakan oleh polisi yang difungsikan untuk mendeteksi target-target tertentu yang masih berhubungan dengan fungsi kegunaan alat detector ini.

Jika dilihat dari fungsi alat detector ini, Hand held metal detector ini mempunyai fungsi juga sebagai transmisi medan elektromagnetik dari kumparan pencarian ke dalam tanah. Dengan demikian, setiap benda-benda logam (target) di dalam medan elektromagnetik bisa menjadi energi serta mentransmisikan ulang medan elektromagnetik mereka sendiri.

Hand held metal detector

Adapun fungsi dan kegunaan lainnya adalah untuk keamanan. Misalnya saja seperti benda-benda logam yang mempunyai ukuran sangat kecil seperti halnya klip kertas atau penjepitnya. Ini bisa dideteksi dengan menggunakan alat tersebut. Biasanya metal detector diletakan atau digunakan di pintu masuk dalam sebuah tempat.

Kebanyakan memang alat ini untuk mendeteksi benda logam seperti halnya emas. Keberadaan emas bisa kita deteksi dengan menggunakan alat tersebut. Namun, tidak semua alat deteksi ini bisa mendeteksi emas, maka dari itulah jika Anda ingin membeli alat ini harus memilih terlebih dahulu. Anda bisa menemukan alat tersebut hanya di website minelab.

Nah, terkait dengan jangkauan deteksi dari alat tersebut biasanya mulai dari 1 hingga 3,5 meter. Jika Anda membutuhkan alat ini dengan jangkauan kurang dari satu meter, cukup pilih detektor metal yang ukurannya relatif kecil. Kendati demikian, jika Anda mencari objek yang lebih dalam, tentu memilih detektor yang besar ukurannya.

Perlu diperhatikan juga bahwa janin atau bayi yang masih dalam kandungan ibu hamil memang aman dari paparan radiasi medan magnet atau gelombang radio yang dihasilkan alat pendeteksi metal. Namun tidak disarankan untuk sering bersentuhan langsung meskipun alat ini sebenarnya aman.

Salah satu keunggulan dari alat tersebut adalah bisa difungsikan sebagai instrumen yang bisa mendeteksi adanya benda logam di dekatnya. Metal detector atau alat detektor emas ini di dalam tanah juga berfungsi dan berguna bisa menemukan inklusi logam yang tersembunyi di dalam benda, atau benda logam yang terkubur di bawah tanah.

Hand held metal detector ini bisa mendeteksi paling ideal serta dengan benda logam dalam tanah yang besar mungkin mencapai kedalaman sekitar 2 sampai 3 meter. Jika digunakan untuk mencari emas, Anda bisa pilih dengan tipe yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Mungkin, kebanyakan dari orang yang suka mencari emas, dia akan melakukan aktivitas mencari logam emas dengan menggunakan alat ini. Jadi, pertimbangkan bahwa detektor yang dipilih bisa awet jika dipakai secara berulang. 

Anda juga harus mempertimbangkan apakah alat detektor emas yang akan Anda beli bisa tahan lama dari guncangan ketika jatuh atau ketika ditaruh di bagasi mobil yang melewati medan berbatu. Banyak dari detektor saat ini yang dibuat dengan standar internasional agar tahan lama dan durable-nya tinggi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *